CIMB Niaga Terus Perluas Akses Layanan Digital di Cirebon

Kamis, 11 Jul 2024 16:19
CIMB Niaga akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. RingkasNews

RINGKASNEWS.ID - CIMB Niaga terus berkomitmen untuk memperluas akses dan layanan dengan mengoptimalkan platform digital untuk melengkapi layanan kantor cabang, sebab kebutuhan perbankan masyarakat dan para pelaku usaha di Cirebon terus meningkat.

Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik didampingi Branch Manager CIMB Niaga Cirebon, Finna Astuti menyampaikan, melalui layanan digital, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan dan finansial secara praktis dan fleksibel tanpa harus datang ke kantor cabang.

"Layanan tersebut misalnya aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks yang memudahkan nasabah dalam membuka tabungan, transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, hingga berinvestasi," ucap Andiko, Kamis (11/7/2024).

Andiko mengatakan, nasabah bisnis dapat merasakan kemudahan dari layanan digital CIMB Niaga melalui BizChannel@CIMB yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. 

"Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis," katanya.

Ia menerangkan, selain platform digital, nasabah juga dapat menikmati layanan fisik melalui kantor cabang, baik konvensional maupun Syariah. 

"Saat ini di Cirebon, CIMB Niaga mengoperasikan tiga kantor cabang konvensional, satu kantor cabang syariah, dan satu kantor kas syariah," terangnya.

Adapun layanan tersebut didukung 38 mesin ATM/CRM CIMB Niaga untuk memberikan layanan optimal kepada nasabah #YangUtama. 

"Nasabah juga dapat bertransaksi di jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima yang tersebar di Cirebon dan sekitarnya," ucapnya.

Andiko menyebutkan, Cirebon merupakan kota potensial yang menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di wilayah timur Jawa Barat. 

"Jadi untuk melayani nasabah dan mendukung kemajuan Kota ini, CIMB Niaga hadir lebih dekat dan aktif berkontribusi melalui berbagai inisiatif di Cirebon," sebutnya.

Sehingga pihaknya kerap mengadakan kegiatan literasi keuangan Kejar Mimpi Goes to School bahkan mengajak anak muda untuk semangat mengejar cita-cita melalui Kejar Mimpi Talks di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan mengadakan Ngobrolin Biznis (Ngobiz) bersama para pengusaha rotan.

“Melalui layanan yang lengkap dan berbagai inisiatif tersebut, kami ingin menghadirkan pengalaman perbankan yang mudah sekaligus memberikan nilai tambah untuk mendukung kesuksesan nasabah," ujarnya.

Dijelaskan Andiko, sebagai bank yang mengutamakan customer centricity, CIMB Niaga berkomitmen untuk selalu mengutamakan kebutuhan nasabah.

"Yang menyediakan produk dan layanan perbankan yang unggul, inovasi berkelanjutan, serta menawarkan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan finansial secara cepat dan lengkap," tandasnya.

Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Cirebon, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. 

Andiko mengungkapkan, pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

“Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024," ungkap Andiko.

Ia menuturkan, Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi pihaknya untuk terus memberikan nilai lebih. 

"Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan," tuturnya.

Pihaknya juga mengaku siap dalam menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain itu, sebagai bank yang aktif mengimplementasikan sustainability, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). 

Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

“Di samping itu, CIMB Niaga secara aktif melakukan berbagai inisiatif dan kegiatan yang sejalan dengan semangat keberlanjutan untuk masa depan bumi yang lebih lestari," kata Andiko.

Bahkan, pihaknya akan terus meningkatkan awareness terkait sustainability kepada seluruh pemangku kepentingan, salah satunya melalui rangkaian acara tahunan The Cooler Earth Sustainability Summit sebagai bagian dari corporate citizenship, 

"CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga perseroan bekerjasama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur," pungkas Andiko.

Berita Terkini