Prioritaskan Keselamatan, KAI Daop 3 Tutup Permanen 11 Perlintasan Sebidang

Senin, 5 Aug 2024 17:45
11 Titik Hitam Kecelakaan di Cirebon Dihilangkan Ist

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon menutup 11 perlintasan sebidang sejak awal tahun hingga Agustus 2024, hal itu dilakukan sebagai upaya meminimalisir kecelakaan yang kerap terjadi di perlintasan sebidang. 

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, keberadaan perlintasan sebidang yang tidak memenuhi standar seringkali menjadi penyebab utama kecelakaan.

"Kami telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar sebelum penutupan. Langkah ini sejalan dengan peraturan yang berlaku untuk meningkatkan keselamatan bersama," kata Rokhmad, Senin (5/8/2024).

Menurutnya, sepanjang tahun ini, telah terjadi 9 kecelakaan di perlintasan sebidang di wilayah Daop 3 Cirebon, bahkan kecelakaan tersebut mengakibatkan 13 korban jiwa, baik itu pengguna jalan maupun petugas kereta api.

"Kecelakaan di perlintasan sebidang tidak hanya merenggut korban jiwa, namun juga menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana kereta api, serta mengganggu perjalanan kereta api," ucapnya.

Ia menambahkan, selain melakukan penutupan perlintasan sebidang, KAI juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan di perlintasan sebidang.

"Kami juga memasang spanduk peringatan di perlintasan yang rawan kecelakaan dan menertibkan bangunan liar di sekitar jalur kereta api," ujarnya.

Kemudian KAI Daop 3 Cirebon telah melakukan perawatan dan perbaikan peralatan di perlintasan sebidang dan mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun flyover di perlintasan yang padat.

"KAI mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melintas di perlintasan sebidang," pungkasnya.

Berita Terkini