Dinas Damkar Kabupaten Cirebon Adu Ketangkasan di Kompetisi Bergengsi

Rabu, 21 Aug 2024 10:21
Petugas Pemadam Kebakaran saat melakukan Adu Ketangkasan (Firefighting Competition 2024) Ist

RINGKASNEWS.ID - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon menggelar Firefighting Competition 2024 atau ajang adu ketangkasan petugas pemadam kebakaran, Selasa, (20/8/2024). 

"Kompetisi ini diikuti oleh 10 peserta dari seluruh pos sektor di Kabupaten Cirebon serta 21 perwakilan perusahaan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon, Mohamad Fery Afrudin. 

Fery menerangkan, mereka berkompetisi dalam dua kategori, yakni petugas pemadam kebakaran dan manajemen keselamatan kebakaran gedung (MKKG). 

"Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan keterampilan petugas dalam penanggulangan kebakaran," terangnya. 

Selain itu, ajang ini juga menjadi sarana seleksi untuk mengikuti kompetisi di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. 

"Juara satu dari kompetisi ini akan kita kirim ke tingkat provinsi," ungkap Fery. 

Dalam kompetisi ini, para peserta dinilai berdasarkan keterampilan dalam melakukan hose laying (pemasangan selang) dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara dinas pemadam kebakaran dengan pelaku usaha dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran," pungkas Fery.

Berita Terkini