KAI Daop 3 Adakan Pengobatan Gratis dengan Rail Clinic di Stasiun Ketanggungan Brebes

Rabu, 10 Jul 2024 15:17
Vice President Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana saat berada di Rail Clinic. Ist

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon kembali menyelenggarakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat dengan Rail Clinic atau kereta kesehatan.

Vice President Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya yang berada disepanjang jalur kereta api.

"Rail Clinic kali ini hadir di sekitar Stasiun Ketanggungan, Kabupaten Brebes yang sebelumnya dilaksanakan di Stasiun Pasirbungur pada 23 Oktober 2023 lalu," kata Dicky, Rabu (10/7/2024).

Ia menjelaskan, pada kegiatan baksos kali ini menggunakan rangkaian Rail Clinic generasi keempat yang terdiri empat kereta diesel. Dua kereta difungsikan sebagai Rail Clinic dan yang dua sebagai Rail Library. 

"Untuk fasilitas pelayanan kesehatan adalah jenis pelayanan kesehatan primer yang meliputi Pemeriksaan umum, Pemeriksaan gigi, Kesehatan ibu dan anak, Pemeriksaan kesehatan mata, Apotek, Penyuluhan kesehatan dan Pemeriksaan kebidanan lanjutan," jelasnya.

Bakti sosial Rail Clinic kali ini, pihaknya menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter kandungan, 2 bidan Poli KIA, 2 analis laboratorium, 3 analis kesehatan mata, 2 apoteker serta 15 paramedis. 

"Ditambah lagi dengan 10 tenaga untuk Rail Library dengan dibantu oleh 10 pecinta Kereta Api atau Railfans Wilayah Daop 3 Cirebon," ungkapnya.

Kegiatan bakti sosial Rail Clinic di Stasiun Ketanggungan, melalui pemerintah desa setempat, KAI Daop 3 Cirebon mengundang 200 orang masyarakat di sekitar jalur Kereta Api. 

"KAI juga memberikan alat bantu penglihatan atau kacamata secara gratis untuk 30 siswa SMPN 1 Ketanggungan, dan 50 paket perlengkapan sekolah untuk siswa SDN 3 dan SDN 4 Jagapura Ketanggungan," ujarnya. 

Selain itu, KAI juga memberikan layanan kesehatan bagi 30 orang ibu hamil dan memberikan bantuan makanan tambahan (PMT) untuk nutrisi kehamilan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan pengobatan gratis Rail Clinic ini, tingkat kesehatan warga yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau jalur kereta api menjadi lebih baik," ucap Dicky.

Berita Terkini