DKIS Pulihkan Website Pemda Kota Cirebon Dampak Peretasan PDN

Kamis, 4 Jul 2024 22:15
Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi DKIS Kota Cirebon, Arya Dipahandi. Ist

RINGKASNEWS.ID - Sejumlah website Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon yang terintegrasi dengan Pusat Data Nasional (PDN) tidak bisa diakses.

Hal itu dampak dari peretasan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap server PDN milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma'ruf Nuryasa menyampaikan, website yang tidak bisa diakses sebagian besar berisi program unggulan Pemda Kota Cirebon. 

"Tidak ada data penting yang berkaitan dengan perangkat daerah dan data ASN namun website yang tidak bisa akses berisi konten informasi yang dikelola masing-masing perangkat daerah," kata Ma’ruf, Rabu (3/7/2024).

Ma’ruf mengaku telah meminta Bidang Persandian dan Keamanan Informasi yang dipimpinnya untuk secepatnya memulihkan website yang tidak bisa diakses. 

"Kami menargetkan dalam dua pekan ke depan seluruh website bisa kembali pulih. Proses pemulihan sudah mulai berjalan, semoga bisa secepatnya selesai," tuturnya. 

Sementara, Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi DKIS Kota Cirebon, Arya Dipahandi mengatakan, proses pemulihan melibatkan perangkat daerah lainnya sebab berkaitan dengan data yang dimiliki oleh masing-masing perangkat daerah. 

"Sudah kami agendakan untuk dipanggil ke kantor meminta data yang dimiliki. Kemudian memberikan pelatihan kepada admin website hingga mampu memulihkan website," kata Arya. 

Arya menambahkan, dari 10 website yang beroperasi, delapan diantaranya sudah bisa diakses. Sedangkan dua website yang masih belum bisa diakses yakni, cirebonkota.go.id dan bkpsdm.cirebonkota.go.id. 

"Bertahap sudah bisa diakses, sisanya dalam proses pemulihan. Harap bersabar, untuk sementara masyarakat bisa mengakses informasi di media sosial masing-masing perangkat daerah," tambahnya.

Berita Terkini