Pemkot Cirebon Hadirkan Mall Pelayanan Publik, Solusi Kemudahan Layanan bagi Masyarakat

Senin, 30 Dec 2024 16:11
Pelayanan Publik Berbasis Teknologi, MPP Kota Cirebon Resmi Diluncurkan. Ist

RINGKASNEWS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon resmi meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai bentuk inovasi dalam meningkatkan kemudahan akses layanan masyarakat. 

Berlokasi di Jalan Pemuda Raya Nomor 1, soft launching MPP dilakukan pada Senin (30/12/2024) oleh Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi didampingi Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Iing Daiman.

Pj Wali Kota menegaskan, keberadaan MPP bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai layanan publik di satu tempat, sehingga masyarakat dapat mengurus dokumen administrasi dengan lebih cepat dan efisien. 

Ia berharap pada tahun 2025 MPP dapat beroperasi secara penuh dengan seluruh layanan yang tersedia.

“Kami dorong agar MPP ini mampu menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat. Sarana dan prasarana, termasuk sumber daya manusia, akan terus dilengkapi agar pelayanan semakin optimal,” ujar Agus.

Keberadaan MPP dinilai sebagai langkah strategis dalam mewujudkan pelayanan publik yang modern dan profesional. 

Agus juga menekankan pentingnya prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan layanan, guna meminimalkan birokrasi yang berbelit-belit.

“Dengan sistem berbasis teknologi, proses pelayanan menjadi lebih cepat, hemat biaya, dan terhindar dari praktik yang tidak sesuai prinsip tata kelola pemerintahan yang baik,” tambahnya.

Selain itu, MPP dirancang untuk inklusivitas dengan menyediakan akses yang ramah bagi penyandang disabilitas. Pemerintah berharap MPP ini dapat menjadi simbol transformasi pelayanan publik yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

“Kita ingin MPP menjadi bukti nyata komitmen Kota Cirebon dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat,” lanjut Agus.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cirebon, Sosro, menyebutkan, MPP menyediakan 18 jenis layanan yang melibatkan berbagai instansi pemerintah, BUMN, dan sektor swasta. 

Sosro juga mengajak masyarakat untuk memberikan masukan agar MPP terus berkembang.

“Kami siap menerima masukan dari masyarakat sebagai evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan MPP ke depan,” ungkapnya.

Dengan integrasi layanan yang ditawarkan, MPP diharapkan mampu menjadi model pelayanan publik yang efisien, efektif, dan berkontribusi pada pembangunan Kota Cirebon secara berkelanjutan.


Berita Terkini